Saturday, August 24, 2019

Informasi Binatang Baboon

Klasifikasi dan Evolusi Baboon 

Binatang Baboon
Babon adalah media untuk ukuran besar spesies dari Old Dunia Monyet yang ditemukan dalam berbagai berbeda habitat di seluruh Afrika dan di beberapa bagian Saudi. Ada lima spesies Babon yang berbeda yaitu Babon Zaitun, Babon Guinea , Babon Chacma, Babon Kuning, dan Babon Hamadryas yang paling berbeda dari yang lain, yaitu wajah merah cerah dan gaya hidup di tebing (empat spesies lainnya adalah secara kolektif dikenal sebagai Savanna Baboons). Namun, ada beberapa perdebatan tentang klasifikasi spesies yang berbedakarena fakta bahwa beberapa telah diketahui kawin silang, menunjukkan bahwa mereka bisa menjadi sub-spesies sebagai gantinya. Babon adalah hewan yang sangat mudah bergaul dan cerdas yang dikenal untuk membentuk ikatan dekat dengan anggota pasukan lain yang sering bertahan seumur hidup. Mereka juga hewan yang sangat mudah beradaptasi tetapi jumlah populasinya menurun di seluruh rentang alami mereka terutama karena perburuan dan hilangnya habitat .

Anatomi dan Penampilan Baboon

Punt besar dan kekar monyetyang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di tanah. Mereka memiliki kepala besar dengan moncong panjang seperti anjing dan kantong pipi untuk menyimpan makanan dengan alis tebal yang melindungi mata mereka. Jantan sering dua kali ukuran betina dan memiliki gigi taring yang menakutkan yang membantu mereka mempertahankan pasukan dari bahaya, tetapi ukuran pastinya tergantung pada spesies dengan Chacma Baboon sebagai yang terbesar sedangkan Guinea Baboon adalah spesies terkecil . Babun memiliki bulu yang tampak liar dengan surai yang lebih panjang yang membentang di atas bahu dan bercak tak berbulu di wajah dan pantat mereka yang berlapis kulit keras. Mereka warna bervariasi dari zaitun hijau ke kuning, perak dan cokelat tergantung padaspesies . Mereka juga memiliki tikungan khas ke arah pangkal ekor panjang mereka.

Distribusi dan Habitat Baboon

Babon akan pernah ditemukan di seluruh benua Afrika dan hari ini, meskipun mereka masih tersebar luas, kisaran alaminya terus menurun. Babon ditemukan di berbagai habitat termasuk sabana, semak belukar, gurun berbatu dan hutan hujan asalkan ada banyak persediaan air. Babad Hamadryas ditemukan di gurun berbatu di perbukitan yang melapisi pantai Laut Merah baik di Afrika timur laut dan di bagian semenanjung Arab barat. Olive Baboon adalah spesies yang paling luasdengan jangkauan yang membentang dari barat ke timur melintasi berbagai habitat , sedangkan Guinea Baboon terbatas pada wilayah kecil di barat. Babun Kuning ditemukan di timur dan spesies terbesar , Babak Chacma juga ditemukan paling selatan, dengan jangkauan yang mencakup ujung selatan Afrika.

Perilaku dan Gaya HidupBaboon

Punt yang sangat mudah bergaul hewan yang hidup di pasukan besar yang bisa sangat bervariasi dalam ukurandan dapat berisi beberapa ratus anggota. Pasukan Baboon terdiri dari laki-laki dan perempuan dengan anak-anak mereka dan membentuk ikatan yang sangat dekat dengan memberi makan, tidur dan perawatan bersama. Pada siang hari mereka membelah kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 atau 5 perempuan dan muda, yang dipimpin oleh laki-laki dominan yang berusaha menjauhkan laki-laki lain. Namun Babad Hamadryas, hidup dalam kelompok - kelompok yang jauh lebih kecil dari sekitar 12 wanita dan satu jantan alfa. Babon hidup bersama untuk perlindungan dan terus-menerus mencari predator berbahaya, khususnya ketika mereka berada di tempat terbuka. Jika sebuah ancaman terlihat, mereka membuat gonggongan keras dan ketika laki-laki berlari untuk menyerang, betina dan muda menghilang ke dalam keselamatan pohon. Babon berkomunikasi satu sama lain dalam berbagai cara yang berbeda termasuk panggilan vokal, ekspresi wajah dan bahkan sinyal dengan ekor mereka.

Reproduksi dan Siklus Hidup Baboon

Babun berkembang biak sepanjang tahun dan sementara mereka tidak memiliki musim kawin yang ketat, ada puncak di kawin dan kelahiran pada waktu tertentu tahun (tergantung pada lokasi). Ketika seorang wanita siap untuk kawin, laki-laki yang dominan dari sub-kelompok mereka akan mempertahankan haknya untuk kawin dengan dia dengan keras tetapi meskipun ada usaha kerasnya, Babun betina kawin dengan banyak pejantan dalam kelompok selama hidup mereka. Setelahperiode kehamilan yang berlangsung selama sekitar 6 bulan, Babon betina melahirkan seorang bayi tunggal yang langsung meraih bulu-bulunya dan menempel padanya. Ketika mereka lahir, Babon muda kontras warna dengan orang tua mereka dan ditoleransi oleh pasukan sampai mereka mabung dan menumbuhkan bulu dewasa mereka setelah sekitar dua bulan. Perempuan muda tetap bersama ibu mereka dan keduanya akan sering membentuk ikatan yang sangat dekat sepanjang hidup mereka, sedangkan laki-laki diusir dari pasukan dan dipaksa untuk mencoba dan membuktikan diri kepada kelompok lain.

Baboon adalah hewan omnivora yang dikenal memakan berbagai macam bahan nabati dan hewan kecil. Buah-buahan, biji-bijian, akar yang keras dan bunga semuanya menjadi bagian utama dari makanan mereka , bersama dengan serangga , telur, kadal dan tikus. Namun, ukuran dan kekuatan mereka yang besar juga berarti bahwa mereka terkadang berburu dan membunuh mangsa yang lebih besar seperti Gazelle muda. Di daerah-daerah di mana pemukiman manusia melanggar batas habitat alami mereka , Babon juga dikenal menyerbu ladang tanaman yang telah menyebabkan mereka sering dipandang sebagai hama. Babon memiliki gigi yang sangat mirip dengan orang-orang dengan serangkaian gigi geraham yang besar dan rata yang sempurna untuk menggerus vegetasi dan makanan berlebih dapat disimpan dalam kantong pipi fleksibel mereka untuk diselamatkan untuk nanti. Predator

Babondan Ancaman
Karena ukuran mereka dan fakta bahwa Babun menghabiskan sebagian besar hidup mereka di tanah, mereka dimangsa oleh banyak predator di seluruh rentang alami mereka. Wildcats seperti Lions , macan tutul dan cheetah adalah yang paling umum predator dari Baboon bersama dengan ular besar, Liar Afrika Anjing dan Burung dari Prey yang berburu lebih kecil dan lebih rentan muda. Namun orang-orang, menimbulkan ancaman terbesarke Babon karena mereka sering diburu dan dibunuh untuk diambil dagingnya dan bahkan ditembak oleh petani yang menganggap mereka sebagai hama, takut akan hasil panen mereka. Namun jumlah mereka paling terpengaruh oleh hilangnya habitat alami yang dulunya luas , yang menjadi sasaran deforestasi untuk pertanian atau pembukaan lahan untuk penggembalaan dan pertumbuhan pemukiman manusia .

Fakta dan Fitur Menarik Baboon
Meskipun Babun pensiun ke dalam keselamatan pohon untuk tidur di malam hari, mereka menghabiskan hampir seluruh sisa hidup mereka di tanah dan berkeliaran di seluruh jajaran rumah merekamencari makanan dan air. Mereka dikenal berjalan bermil-mil sehari dan hanya berhenti di tempat teduh untuk keluar dari matahari tengah hari, dan mampu melakukan perjalanan lebih dari empat mil antara fajar dan senja. Seperti banyak primata lainnya, Babon mengambil bagian dalam perawatan sosial dengan memilih parasit , kulit mati, dan kotoran dari bulu masing-masing. Ini tidak hanya memperkuat ikatan sosial di dalam pasukan, tetapi juga menyoroti status individu, dengan Babon yang sedang dipersiapkan memiliki status yang lebih tinggi di dalam pasukan daripada orang yang merawat mereka. Dalam rangka untuk luar laki-laki untuk dapat diterima dalam pasukan, mereka harus membentuk hubungan dengan salah satu perempuan sampai ia kemudian diterima oleh orang lain. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan tetapi pasangan ini biasanya dikenal sebagai teman dekat seumur hidup.

Babun telah beradaptasi dengan sangat baik terhadap populasi manusia yang tumbuh di seluruh rentang alami mereka, tetapi fakta bahwa mereka sering menyerang tanaman telah menyebabkan mereka dianiaya oleh petani. Mereka juga diburu dan dimakan sebagai daging hewan liar di banyak daerah di daerah asalnya, tetapi habitat mereka yang semakin berkuranglah yang menyebabkan masalah terbesar bagi mereka. Area hutan yang luas ditebangi setiap hari untuk memberi ruang bagi pertanian atau untuk menebang kayu tropis yang berarti bahwa Babon memiliki lebih sedikit area di mana mereka dapat tidur dengan aman di pohon. Lahan rumput juga menyusut dalam ukuran karena tanah dialihkan ke peternakan untuk digembalakanatau digunakan untuk perluasan pemukiman yang sedang tumbuh. Status Konservasi

Ini Saat ini, empat spesies Babon didaftarkan oleh IUCN sebagai spesies yang Tidak Peduli Terhadap punah di alam liar dalam waktu dekat. The Guinea Baboon terdaftar sebagai Hampir Terancam spesies . Namun, meskipun masih relatif luas, jumlah populasi menurun di semua spesies karena perburuan dan habitatkehilangan, dengan populasi di daerah-daerah tertentu dengan cepat menjadi semakin terisolasi satu sama lain. Mereka ditemukan di banyak taman nasional dan cagar alam di Afrika di mana mereka memainkan peran penting dalam pemeliharaan ekosistem.

Fakta Babon

Kerajaan :    Binatang
Filum :    Chordata
Kelas :    Mamalia
Memesan :    Primata
Keluarga :    Cercopithecidae
Genus :    Papio
Nama Ilmiah :    Papio
Nama Umum :    Babon
Nama lain :    Babon Zaitun, Babon Kuning, Babon Guinea, Babon Chacma, Babon Hamadryas
Kelompok :    Mamalia
Jumlah Spesies :    5
Lokasi :    Afrika dan Arab Barat
Habitat:    Padang rumput, gurun berbatu dan hutan hujan
Warna :    Zaitun, Kuning, Abu-abu, Perak, Coklat, Hitam
Jenis kulit :    Rambut
Ukuran (H) :    50cm - 86cm (20in - 34in)
Berat :    14kg - 45kg (30lbs - 100lbs)
Kecepatan tertinggi :    45 kpj (30 mpj)
Diet:    Omnivora
Mangsa :    Buah, Biji, Serangga
Predator :    Singa, Macan Tutul, Anjing Liar Afrika
Gaya hidup :    Harian
Perilaku Kelompok :    Pasukan
Umur :    15 - 40 tahun
Usia Kedewasaan Seksual :    5 - 7 tahun
Periode kehamilan :    170 hari
Ukuran Sampah Rata-rata :    1
Nama Muda :    Bayi
Usia menyapih :    6 bulan
Status konservasi :    Kepedulian Paling Sedikit
Ukuran Populasi Perkiraan :    Menurun
Ancaman Terbesar :    Perburuan dan hilangnya habitat
Fitur Paling Khas :    Moncong seperti anjing dan ekornya yang panjang dan bengkok
Fakta menyenangkan :    Dapat melakukan perjalanan lebih dari empat mil sehari!

No comments:

Post a Comment